Monday, April 03, 2006

Tentang CERIC FISIP UI


Indonesia adalah bangsa yang terbentuk dari berbagai kelompok identitas etnis, ras, agama dan asal daerah. Keragaman ini bisa dan telah menyatu dalam kehidupan sebagai satu bangsa karena adanya kesamaan sejarah panjang, baik yang terbentuk sebelum ataupun semasa kolonialisme. Namun, bisa juga memicu konflik antar kelompok yang merebak di banyak tempat dengan intensitas yang semakin meningkat. Keretakan sosial tidak saja mengakibatkan krisis multidimensional tetapi juga mengancam kelangsungan kehidupan berbangsa.

Otoritarianisme panjang sejak 1959, di sambung pada 1966 sampai 1998, secara massal telah menciptakan ketidakadilan di hampir seluruh segmen kehidupan. Akibatnya terjadilah konflik vertikal yang tercermin pada ketegangan antara masyarakat dengan negara, adan pertikaian horizontal yang melibatkan berbagai kelompok agama, suku, ras dan asal daerah. Karena begitu banyak dan kompleksnya masalah yang terjadi, kini semakin sulit diketahui akar permasalahan yang sebenarnya.

Perlu upaya serius untuk menumbuhkan formulasi pengendalian konflik tanpa menggunakan cara-cara kekerasan. Dengan langkanya penanganan serius yang dilakukan pemerintah, kini usaha menyusun penanggulangan yang dilakukan secara sistematik dan menyeluruh pun sulit dijumpai.

Untuk membuat strategi pengelolaan konflik secara damai di Indonesia, sedikitnya perlu dilakukan dua hal penting:
1. Adanya penelitian yang transparan dan terfokus terhadap dinamika hubungan antar kelompok dan sumber-sumber terjadinya konflik.
2. Adanya pelatihan-pelatihan tentang penanggulangan konflik dan mediasi kelompok yang ditujukan kepada seluruh anggota masyarakat, dari aparat pemerintah sampai pemimpin masyarakat.

Dalam usaha memenuhi dua kebutuhan tersebut, Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) bekerja sama dengan Program Studi Asia Tenggara Ohio University, Amerika Serikat, mendirikan sebuah PUSAT STUDI HUBUNGAN ANTAR KELOMPOK & PENANGGULANGAN KONFLIK atau CERIC (Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolution), didukung oleh para ilmuwan sosial dari Universitas Indonesia maupun Ohio University yang memiliki minat dan keperdulian tinggi pada penelitian sosial. Para anggota senior, baik dari FISIP UI maupun Ohio University, akan bertindak sebagai anggota Komite Pengawas dan Dewan Penasihat.

Didirikan pada Oktober 2000, dana awal pembentukan CERIC FISIP UI didapatkan dari The Asia Foundation. Untuk selanjutnya, diharapkan dana akan didapatkan dari pembentukan sebuah yayasan nirlaba, donasi pribadi maupun pemerintah.

Tujuan utama pendirian CERIC FISIP UI adalah sebagai berikut:

1. Membentuk suatu pusat data yang terdiri dari literatur-literatur dan referensi terkini tentang hubungan antar kelompok dan ppenanggulangan konflik

2. Mendukung dan mempelopori proyek-proyek penelitian orisinil dan berdayaguna tentang hubungan antar kelompok dan penanggulangan konlik di berbagai belahan Indonesia.


3. Mendukung berdirinya pusat-pusat tudi sejenis di Universitas-universitas setiap propinsi di Indonesia, dan membangun kerjasama antar pusat-pusat studi tersebut untuk dapat lebih memahami berbagai masalah terkait secara lebih spesifk di berbagai belahan Indonesia.

4. Menyelenggarakan kursus-kursus singkat tentang pengelolaan, reduksi dan enanggulangan konflik, serta memberikan layanan konsultasi kepada anggota masyarakat, LSM, dan aparat pemerintah.

5. Mensponsori pertemuan dan lokakarya untuk mengumpulkan para peneliti, ilmuwan sosial dan praktisi yang bergerak di bidang hubungan antar kelompok, penanggulangan konflik dan hak-hak asasi manusia.

6. Mempelopori dibangunnya suatu basis data ilmu sosial tentang hubungan antar kelompok, penanggulangan konflik dan hak-hak asasi manusia.

7. Meningkatkan kualitas pengajaran dan kebutuhan akademis dalam bidang hubungan antar kelompok dan penanggulangan konflik dalam kaitan dengan masalah hak-hak asasi manusia

8. Menyediakan kesempatan untuk melakukan penelitian dan studi eksperimen kepada mahasiswa dari Universitas Indonesia dan institusi pendidikan lainnya.

Walaupun pusat studi ini terletak di Jakarta, salah satu misi utama yang ingin dicapai adalah mendorong pembentukan pusat-pusat studi sejenis di berbagai daerah di Indonesia, untuk membangun jaringan kerjasama informasi yang sangat berguna untuk dilakukannya dialog nasional, dan pada saat yang sama melayani kebutuhan-kebutuhan spesifik di wilayah-wilayah di mana pusat studi tersebut berdiri. Pelatihan tentang penanggulangan konflik dapat diadakan di daerah-daerah yang tinggi potensi konfliknya.

Evaluasi
Kinerja pusat studi akan dievaluasi setiap tahun oleh komite pengarah dan dewan penasihat.

Direktur pusat studi akan menyiapkan laporan tahunan yang memuat secara rinci kinerja CERIC selama satu tahun terakhir. Berdasarkan evaluasi tahunan, Direktur bekerja sama dengan Dewan Penasihat akan menyiapkan rencana kerja tahun mendatang, yang secara umum menggambarkan bagaimana CERIC dapat menjalankan tujuan-tujuannya.

Setiap tiga tahun, diadakan evaluasi eksternal untuk meninjau kinerja dan program CERIC. Saran-saran untuk penerapan dan pemilihan program kerja CERIC akan dikumpulkan, dan atas saran tersebut, Direktur beserta Dewan Penasihat akan menyusun rencana tiga tahun ke depan.

http://www.ceric-fisip.ui.ac.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home